Jumat, 21 Januari 2011

Adab Istiadat Suku Sasak


Tersenyum dan menyapa orang-orang, terutama orang tua.
Berjabat tangan, lembut. T
erima keramahan dan makanan.
Anda tidak perlu makan dan minum, tetapi sopan di utamakan.
Mengucapkan selamat tinggal dan terima kasih ketika Anda pergi.
Berpakaian sopan.
Perempuan harus menjaga lengan atas dan paha tertutup.
Membungkuk dan berjalan di sekitar orang-orang yang duduk.
Hanya menggunakan t
angan kanan untuk makan atau memberi uang kepada seseorang.

Pastikan untuk duduk di tingkat yang sama seperti masyarakat lainnya.
Memakai sarung ketika memasuki rumah Melokaq (pemimpin Adat) dan ketika ikut serta dalam ritual dan upacara adat.

Jangan Pernah Untu
k :
Memasuki rumah, bangunan atau desa tanpa diundang.
Memakai sepatu di dalam rumah.
Menunjuk pada orang-orang dengan jari Anda.
Jangan pernah menggunakan kaki Anda untuk menunjuk objek atau orang.
Melangkahi orang atau makanan di lantai.
Makan dengan tangan kiri, atau menggunakan tangan kiri Anda untuk memberi atau menerima benda atau uang.
Angkat suara Anda, terutama dalam kemarahan.
Senaru Desa Senaru, yang mudah 2,5 jam perjalanan dari Mataram atau Senggigi, adalah akses utama ke Taman Nasional. Sebagai tujuan non-trekking juga populer - yang sejuk, penuh bunga-desa pegunungan yang membentang di sepanjang sisi bukit di atas memacu Bayan. Senaru memiliki berbagai macam akomodasi di rumah sederhana tetap (Losmen), dan sejumlah kafe-kafe melayani lezat setempat. The Rinjani Trek Centre di trailhead menawarkan display, kegiatan ekowisata, dan informasi pengunjung.

Desa panduan, termasuk beberapa perempuan lokal, mengantar kunjungan ke desa tradisional yang berdekatan, tiga air terjun, dan sejumlah Desa Walks. Sirkuit termasuk satu jam sawah berteras dan Air Terjun Walk, atau menemukan highlights dari Senaru dalam setengah hari yang indah Senaru Panorama Walk.

Sembalun Lawang
Sembalun Lawang diatur dalam kaldera kuno dan subur di sebelah timur Gunung. Rinjani, rute akses yang lebih disukai untuk summiteers. Tanah yang kaya menghasilkan kebun pasar kualitas tinggi tanaman, termasuk bawang putih yang terkenal dan beras, pokok petani lokal. Aktivitas seismik dipantau setiap hari pada pemerintah Pusat Vulkanologi Rinjani.

Lembah yang indah dari Sembalun juga dikenal dengan bukit berjalan-jalan, baru-baru ini dipulihkan desa tradisional, artis dan budaya aktif penenun lokal.

Beberapa rumah tinggal (Losmen) tersedia akomodasi dan jasa perjalanan berbasis di Taman Rinjani Information Centre. Juga bertanya tentang jalan-jalan lokal: Desa di Sembalun Lawang Walk, untuk mengalami keindahan pemandangan desa dan / atau Wildflowers Sembalun Walk, selama dua hari satu malam berjalan kaki untuk melihat bunga-bunga liar di Propok di Gunung Rinjani National Park.

Bagi orang-orang Lombok, Sasak dan Bali sama, Mt. Rinjani dihormati sebagai tempat suci dan tempat kediaman dewa. Danau kawah adalah tujuan ziarah bagi puluhan ribu setiap tahun. Tempat peziarah persembahan dalam air dan mandi pergi penyakit di mata air panas. Bagi pengunjung, tiga hari Rinjani Trek rute dari Senaru ke tepi kawah, turun ke danau kawah kemudian ke Sembalun Lawang, dianggap salah satu yang terbaik treks di Asia Tenggara. Trekker berjiwa petualang bertujuan untuk puncak, mencapai yang terbaik dari Sembalun Lawang kembali setelah empat hari untuk Senaru.

Puncak Gunung Rinjani diyakini oleh masyarakat Lombok sebagai tempat bersemayam ratu jin, penguasa gunung Rinjani yang bernama Dewi Anjani. Dari puncak ke arah tenggara terdapat sebuah kaldera lautan debu yang dinamakan Segara Muncar. Pada saat-saat tertentu dengan kasat mata dapat terlihat istana Ratu Jin.

1 komentar:

Jasa Website di Lombok mengatakan...

Mantap semeton...!

=> Pengonaq Media

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger | Printable Coupons