Kamis, 20 Januari 2011

TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI


Taman mencakup area seluas 41.330 ha di bagian utara Lombok dan menempatkan tiga kabupaten administratif Barat, Timur dan Lombok Tengah. Daerah meliputi 12,357.67 ha di barat, 22,152.88 ha di timur dan pusat 6,819.45 ha di Lombok. Rinjani mendominasi Taman Nasional Lombok, sebuah pulau sebelah timur Bali di kepulauan Indonesia. Pada 3726m itu adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, bagian dari terkenal cincin api yang mengelilingi cekungan Samudra Pasifik. Dalam kawah adalah danau Segara Anak spektakuler Gunung Rinjani Lombok Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726mdpl, mendominasi sebagian besar luas pulau Lombok. Terletak disebelah timur pulau Bali, dapat ditempuh dengan bus langsung Jakarta-Mataram dengan menyeberang menggunakan ferry dua kali (selat bali dan selat lombok). Dapat juga ditempuh dengan menggunakan pesawat terbang dari Bali.

APA YANG ANDA BISA LIHAT Taman Nasional Gunung Rinjani terletak dalam zona transisi utama (Wallaceae) di mana flora dan fauna di Asia Tenggara yang dramatis membuat transisi ke dalam apa yang khas Australasia. The Park memiliki kekayaan berbagai jenis tanaman dan binatang, walaupun mereka sulit untuk dapat tempat karena hutan hujan dataran dan penutup. Kadang-kadang terlihat awal di pagi hari adalah daun Eboni langka monyet hitam, yang dikenal secara lokal sebagai Lutung. Long tailed abu-abu monyet atau Kera adalah umum di Lombok dan laki-laki tua yang terlihat di bibir kawah. Rusa rusa penghuni hutan dan kadang-kadang terlihat di sepanjang jalur perjalanan Rinjani. Barking rusa yang lebih kecil atau Kijang memiliki alarm panggilan dengan berbeda seperti anjing menyalak. Cari tanah yang terganggu di mana babi liar atau Babi hutan telah mencari makan. Juga ditemukan di hutan adalah kucing Leopard atau Bodok sayangnya, Palm musang atau Porcupine atau Ujat dan Landak.
Berbagai warna-warni burung hidup di hutan-hutan taman nasional. Mungkin yang paling terkenal ikon dari Park adalah Sulphur Crested Cockatoo yang tidak ditemukan lagi di sebelah barat Lombok. Banyak hewan yang tinggal di hutan, serangga, burung, monyet berutang civets dan kelangsungan hidup mereka kepada pohon ara liar atau Beringin sebagai penyedia makanan dan tempat berlindung. Pinus-seperti spesies Casuarina, Cemara, adalah sebuah fitur pada lereng berumput yang lebih tinggi. Anggrek anggrek atau juga sebuah fitur pada daerah padang rumput, seperti yang Edelweiss atau Bunga Abadi pohon yang tumbuh di atas garis, melainkan sebuah ikon yang indah Park dan salah satu yang paling terkenal tumbuhan sub-alpine. Gunung Rinjani adalah gunung tertinggi ke dua di Indonesia di luar pegunungan Irian Jaya. Gunung Rinjani masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, dengan luas taman sekitar 40.000 hektar. Dikelilingi oleh hutan dan semak belukar seluas 76.000 hektar. Gunung Rinjani memiliki kawah dengan lebar sekitar 10 km, terdapat danau kawah yang disebut danau Segara Anak dengan kedalaman sekitar 230m. Air yang mengalir dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah, mengalir melewati jurang yang curam. Danau Segara Anak ini banyak terdapat ikan mas dan mujair, sehingga sering digunakan untuk memancing. Dengan warna airnya yang membiru, danau ini bagaikan anak lautan, karena itulah disebut "Segara Anak".

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger | Printable Coupons